Selasa, 15 Desember 2015

Satrio Piningit Sarip Tambak Oso STKW




ketika nonton SARIP TAMBAK OSO
seakan auranya MERASUK diriku
musuhan dengan PAIDI
musuhan dengan LURAH GEDANGAN
seperti kisah 5 tahun yang lalu

entah minta atau tidak
setiap aku tonton cerita
dan "dengan sendirinya"
cerita itu masuk ke "aura" 
dalam kehidupanku sehari hari
DAN MENJADI NYATA

tokoh tokohnya 
diperankan oleh siapa
dalam DUNIA NYATA
pada akhirnya terjadi
seperti cerita itu sendiri

SARIP TAMBAK OSO
bermusuhan dengan PAIDI
bermusuhan dengan LURAH GEDANGAN

aku sebagai tokoh utamanya
walau bukan aku pemainnya

tokoh sarip tambak oso
pada tahun 2010
dimainkan oleh ANTOK
dari FORUM ANAK SURABAYA

lihat link youtube:


















tokoh PAIDI
musuh sarip tambak oso
diperankan oleh AGUNG

tokoh LURAH GEDANGAN
musuh sarip tambak oso
diperankan oleh NOPI
kakaknya AGUNG

aku memang bukan 
pemeran SARIP TAMBAK OSO
namun "auranya" 
merasuk dalam "auraku"
DALAM DUNIA NYATA

aku bermusuhan 
dengan AGUNG
aku bermusuhan 
dengan NOPI

aku sebenarnya adalah
"korban" dalam
pertunjukanku yang pertama
aku adakan di THR

namun .....
AGUNG
NOPI
juga merupakan "korban"
dari perbuatanku 
melaksanakan pertunjukan ini

coba aku ceritakan lebih panjang lagi

aku "korban"

akhir tahun 2009
aku "nekad"
melaksanakan untuk
membuat pementasan ludruk

awalnya 
PAK ROGO
PAK TRIMO
mau memilih cerita
ANDE ANDE LUMUT

seandainya kisah ini dipilih
dalam DUNIA NYATA
aku sudah pasti akan 
MENJADI RAJA
seperti 
RADEN INU KERTAPATI

bodohnya aku
aku tidak memilih kisah ini
karena kisah ini kisah KETOPRAK
bukan kisah LUDRUK

jadinya memilih kisah
SARIP TAMBAK OSO
yang maling
yang pengangguran
yang musuh banyak orang
naaaaaa.....
aku jadi SEPERTI ITU

aku mencoba untuk 
membuang mainset tersebut
namun aku punya KELEBIHAN
apa yang aku tonton adalah
RAMALAN
dan kelak kisah hidupku 
AKAN SEPERTI CERITA
yang aku tonton

akhir tahun 2009
aku berkerjasama dengan
FORUM ANAK SURABAYA
dibawah PLAN
dibawah BAPEMAS

dari forum anak surabaya
aku kenal ANTOK
ketua forum anak surabaya
bertemu di THR
ngajak pacarnya
wakil bendahara
bernama TITA

TITA punya bapak
namanya IKSAN
dia terkenal sebutan
"AMPLOP KOSONG"
karena tiap dia adakan event
MEMBAYAR PEMAIN
dengan AMPLOP KOSONG

dengan rayuan manisnya
aku ajak pak iksan ini
terlibat dalam pementasan pertamaku

bahkan dia aku jadikan KETUA
aku "berguru" padanya
semua kata katanya aku turuti

bikin proposal
dengan nilai fantastis
total 50 juta
aku ajukan
jadi kesannya 
aku menjual nama
FORUM ANAK SURABAYA
untuk keuntunganku pribadi

bodohnya lagi

pak IKSAN
merubah penanggung jawab jadi
FORUM "PEMUDA" SURABAYA
yang tujuan tiga bulan berikutnya
dia pakai "nama" ini
untuk acara dia sendiri
dengan panitia anak anak
yang kemungkinan
akan dijadikan "korban"

aku "buta"
dunia pertunjukan
cara membuat proposal yang baik
aku sama sekali tidak tahu

akhir cerita
semua proposal ditolak
karena "tidak memakai" nama
FORUM ANAK SURABAYA

aku tidak menyalahkan pak iksan
tapi dia "ketakutan" sendiri
semua DIPUTAR BALIKKAN 
DARI FAKTA SESUNGGUHNYA
seakan proposal aku yang buat

aku jadi punya "nama jelek"
aku disalahkan banyak orang
aku menanggung kerugian
satu setengah juta
dengan meninggalkan 
SEPEDA MOTORKU 
sebagai JAMINAN

mungkin itu "nilai"
yang SEDIKIT
bagi banyak orang
namun
sangat diluar batas kemampuanku

aku tau "belangnya" 
pak iksan dan anaknya
ketika 
MINTA PROPOSAL
dan tak ada laporan padaku
aku seperti sapi perahan saja

ketika tetangganya
sebagai SARIP
sebagai LURAH GEDANGAN
mundur
yah....
mungkin mereka 
bisa "meramal"
pasti akhir ceritanya
RIBUT

akhirnya
aku ajak AGUNG
sebagai SARIP
aku ajak NOPI kakaknya
sebagai LURAH GEDANGAN

aku tidak menyangka
pada akhirnya 
mereka jadi MUSUHKU
seperti cerita ini

entah mengapa
dalam segi 
PERTUNJUKAN YANG SAMA
aku selalu RUGI
dan orang lain
mendapatkan
KEUNTUNGAN BERLIPAT GANDA
opo pawak'an yo?

beberapa bulan berikutnya
AGUNG dan kawan kawan
pada akhirnya mendapat 
"proyek" dari BAPEMAS

hadeeee......
aku yang merintis
aku yang RUGI
dia yang dapat proyek
dia yang dapat UNTUNG

sudahlah

sebenarnya AGUNG 
dan kakaknya
di acara BAPEMAS
di kebun bibit
sudah mendekati aku
mungkin ingin "menjelaskan"
namun
aku kebawa EMOSI
dan pergi menghindar

aku selalu saja seperti itu

dari pihak BAPEMAS
tidak mau mendengar
tidak mau menemuiku
aku ingin menjelaskan
aku tidak diberi kesempatan
malah mereka MENGHIDAR
NAMAKU jadi jelek dimana mana

yah .....
semoga tulisan ini
BISA MENJELASKANNYA
kepada banyak pihak

sampai detik ini
aku tidak pernah
dapat uang dari dunia 
PEMENTASAN
justru aku selalu TEKOR
ah sudahlah

seharusnya aku 
BERTERIMA KASIH
pada AGUNG dan kawan kawan
karena menolong diriku
pada PEMENTASAN PERTAMAKU
dihasut pak IKSAN
pada akhirnya mereka jadi buruk

aku sudah diperingatkan 
pak TRI BROTO
KEPALA UPTD THR
pada masa itu
untuk MEMBATALKAN
pementasan pertamaku
karena ada pak IKSAN
yang terkenal dengan julukan
"AMPLOP KOSONG"

aku bandel
karena nekad pengen bikin
PEMENTASAN
untuk pertama kalinya















INI TERULANG

kisah AYAHKU PULANG
di STKW

kisah ini seperti diriku ternyata

AYAHKU PULANG
bercerita tentang
ayah yang pergi 
meninggalkan keluarga 
tanpa pamit
tanpa tanggung jawab

ternyata
JADI KENYATAAN
PADA DIRIKU

aku jadi sutradara
yang seharusnya tanggung jawab
yang seharusnya memimpin
pergi tanpa pamit
pergi tanpa tanggung jawab

masalahnya

aku merasa terpojok
aku selalu disalahkan
dan suasana tidak kondusif
semua saling emosi

huuuuuffff
selalu "terulang"
sepertinya aku tidak bisa
BELAJAR DARI KESALAHAN MASA LALU

seperti ibarat bangsa jawa
3N
NGALAH
NGALEH
NGAMPLENG

wes ngalah
wes ngaleh
lak terus digarai
akhirnya ngampleng

AGUNG TIDAK SALAH
kami kurang "komunikasi"
aku yang selalu MENGHINDAR

tapi sebagai MANUSIA NORMAL
boleh to kalau AKU SAKIT HATI
merasakan LUKA 
hingga akhirnya kering dan sembuh

AYAHKU PULANG
kini aku pulang
kembali kuliah di STKW
SETELAH DUA BULAN ABSEN
hanya menghindar
tanggung jawab jadi SUTRADARA

alasannya
selain aku TIDAK BISA
tidak tahu teknik penyutradaraan
la wong baru berapa hari masuk
selain itu
aku TIDAK SUKA
dengan suasana yang membuat
AKU TIDAK NYAMAN
dari gerakan kecil
dari tertawa kecil
dari jawaban yang selalu "tidak"
aku bagai
PSIKOLOG ALAMI
tau gerak gerik manusia
dan mampu mengartikannya
bukan ilmu klenik
bukan ilmu kebatinan
tapi aku bisa "membaca"

aku tidak suka banyak omong
namun aku mencoba
dari tulisan ini
siapa tahu bisa menyelesaikan masalah

Surabaya, Selasa 15 Desember 2015


lihat tulisan yang sama di BLOG ku yang lain:
http://dwihandokostkw.blogspot.com/2015/12/satrio-piningit-sarip-tambak-oso-stkw.html
http://dwihandokopunyacerita.blogspot.co.id/2015/12/satrio-piningit-sarip-tambak-oso-stkw.html

buka facebookmu dulu baru klik link FAN PAGE di bawah ini:
https://www.facebook.com/CakHandokoLudruk999
(jangan lupa di LIKE ya)

buka facebookmu dulu baru klik link di bawah ini:
https://www.facebook.com/DwiHandokoSTKW
https://www.facebook.com/SatrioPiningitPunyaCerita
https://www.facebook.com/dwihandoko.punyacerita
(jangan lupa di add ya)

buka twittermu dulu baru klik link di bawah ini:
https://twitter.com/HandokoSTKW
https://twitter.com/CeritaPiningit
https://twitter.com/CeritaHandoko
(jangan lupa di follow ya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar